Bupati Kaimana Hadir di IPDN-Kemendagri untuk Berikan Kuliah Umum bagi Praja Utama

kos

 






KBT NEWS ID JATINANGOR - (20/06/2024), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kementerian Dalam Negeri mengadakan kuliah umum yang dihadiri oleh Bupati Kaimana Provinsi Papua Barat Freddy Thie. Kuliah umum ini merupakan bagian dari pembekalan bagi 1.097 praja utama angkatan XXXI yang akan segera menghadapi prosesi wisuda.


Rektor IPDN, Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo., M.M, menyatakan bahwa pembekalan dari Bupati Kaimana ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan wawasan praja dalam memahami permasalahan di daerah serta memberdayakan potensi yang ada di wilayah mereka.


Dalam sambutannya, Rektor IPDN menekankan pentingnya pembekalan ini untuk mempersiapkan praja utama yang akan segera lulus dan terjun ke lapangan. "Pembekalan dari Bapak Freddy Thie diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan wawasan dalam memahami permasalahan di daerah, serta memberdayakan segenap potensi yang ada di wilayah serta membangun iklim kondusif dan stabilitas wilayah," ujar Hadi.


Tema kuliah umum ini adalah "Perkembangan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah di Kabupaten Kaimana serta Berbagai Upaya dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat".


Menurut Hadi, Bupati Kaimana dipilih sebagai narasumber karena prestasi dan inovasi yang telah diraihnya. "Pertumbuhan ekonomi di Kaimana tahun 2023 mencapai 3,26% dengan pendapatan perkapita sebesar 44,50 juta rupiah. Bapak Freddy juga berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 16,04% pada tahun 2021 menjadi 14,57% pada tahun 2023, serta menurunkan angka stunting menjadi 21,1% di tahun 2023," jelasnya.


Selain itu, berbagai terobosan yang dilakukan oleh Bupati Kaimana, seperti program sekolah gratis 12 tahun, bantuan sebesar 4 miliar per kampung, dan pembangunan air bersih, menjadi alasan mengapa Kabupaten Kaimana menerima banyak penghargaan. "Keberhasilan Bapak Bupati ini semoga menjadi motivasi bagi para praja yang akan segera lulus. Semoga bekal ini dapat dipahami dan menjadi pengalaman berharga dalam pengabdian kepada masyarakat," tambah Hadi.


Bupati Kaimana, Freddy Thie, dalam kuliah umumnya menjelaskan bahwa dari 18 program unggulan Kabupaten Kaimana, terdapat 4 program yang sangat difokuskan, yaitu rehab rumah, penyediaan air bersih, penerangan, dan saluran komunikasi. "Ini merupakan kebutuhan dasar dan keinginan masyarakat Kaimana. Tahun ini saja ada 84 kampung di Kaimana yang sudah mendapat program rehab rumah," katanya.


Freddy juga menaruh perhatian besar pada bidang pendidikan. "Saya prioritaskan wajib belajar 12 tahun secara gratis yang ditanggung oleh APBD Kabupaten Kaimana. Selain itu, ada kebijakan lain di sektor pendidikan seperti pendidikan karakter dan anti korupsi, peningkatan mutu pendidikan, bantuan dana pendidikan mahasiswa, dan kerjasama dengan perguruan tinggi," paparnya.


Beberapa capaian pembangunan juga menjadi poin plus dari Kabupaten Kaimana. "Pada tahun 2023, Kaimana menjadi kabupaten tertinggi dalam nilai pelayanan publiknya, yaitu 86,22%. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 68,31, penurunan penduduk miskin sebesar 14,57%, dan tingkat pengangguran di angka 3,24%," jelas Freddy.


Freddy berharap dengan kuliah umum ini, masyarakat semakin mengenal Kaimana, pariwisatanya, produksi rumah ikannya, dan sektor-sektor lainnya. "Saya berharap kuliah umum ini dapat membuat masyarakat lebih mengenal Kaimana dan potensinya," tuturnya.


Di akhir acara, Freddy berbagi kiat dan strategi dalam mengelola Kabupaten Kaimana. "Kunci keberhasilan kami adalah menggerakkan ASN dan berkolaborasi dengan instansi vertikal, sektoral, masyarakat, dan dunia usaha melalui pemetaan potensi, identifikasi, dan solusi permasalahan serta percepatan penanganannya," katanya.


Freddy juga menyampaikan terima kasih atas undangan dari IPDN dan memberikan pesan motivasi kepada para praja. "Saya berharap adik-adik praja yang nantinya ditempatkan di daerah masing-masing bisa menjadi contoh, menjadi garam dan terang dalam pengabdian untuk memajukan daerah yang mereka tempati. Mereka dicetak untuk menjadi pimpinan bangsa, jadi semoga mereka selalu sukses dan mengabdi dengan hati," pungkasnya. 


(Sumber: Kepala Bagian Hubungan Masyarakat La Ode Muhamad Alam Jaya., S.STP., M.Si)